Home » » Mandi Junub Di Bulan Puasa di Pagi Hari

Mandi Junub Di Bulan Puasa di Pagi Hari

Posted by Lentera Hati Manusia adalah Qolbu on Senin, 08 Agustus 2011

Fikih Keseharian seri ke-50
Oleh KH. A. Mustofa Bisri

Tanya:
Pak Mus, bersenggama di malam puasa itu boleh kan? Lalu bagaimana kalau mandi janabahnya di pagi hari, apakah membatalkan puasanya atau tidak? Matur Nuwun.

DN-Semarang

Jawab:
Memang boleh bersenggama di malam hari puasa. Sebagaimana firman Allah:

"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa berampur dengan istri-istri kamu" (QS 2. Al-Baqarah: 187)

Yang dilarang keras itu di siang hari. Adapun orang junub berpuasa --junubnya karena senggama atau lain-- puasanya sah menurut kesepakatan ulama. (Baca Ensklipode Ijma' hal 522-523).

Seperti diketahui, mandi janabah itu kan mandi untuk menghilangkan hadas besar (kalau untuk menghilangkan hadas kecil: wudlu). Orang yang berhadas tidak diperkenankan mengerjakan salat. Kalau berhadas kecil harus berwudlu dahulu, jika berhadas besar, ya mandi janabah dahulu. Anda boleh saja mandi di pagi hari, tapi ingat salat Subuhnya. Jadi sepagi-paginya. Mandi janabahnya ya sebelum Subuhlah. Ya toh?!


1 comments:

  1. Saya yakin maksud dari penanya adalah jika dia melewatkan waktu subuh. Jadi bangun tidurnya bisa jam 6 atau jm 7 atau bahkan lebih, benar2 kesiangan. Nha itu kan sudah masuk waktu puasa, maka bila harus mandi junub, yang ditakutkan adalah adanya air yang masuk ke lubang badan (karena syarat sah mandi besar kan membasahi semua lekuk tubuh).

    BalasHapus

.comment-content a {display: none;}