Home » » PUASA DIPERINTAHKAN HANYA UNTUK ORANG-ORANG YANG BERIMAN

PUASA DIPERINTAHKAN HANYA UNTUK ORANG-ORANG YANG BERIMAN

Posted by Lentera Hati Manusia adalah Qolbu on Kamis, 21 Juli 2011

Fikih Keseharian seri ke-45

Oleh KH. A. Mustofa Bisri


Tanya:

Ada ayat Al-Quran yang sangat populer, yaitu QS. Al-Baqarah: 183 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, berpuasalah kamu sebagaimana orang sebelum kamu berpuasa, agar menjadi orang yang takwa."


Yang menjadi pertanyaan saya sehubungan ayat yang saya sebut di atas adalah:

  1. Apakah perintah berpuasa hanya ditujukan kepada orang yang beriman? Lalu bagaimana dengan orang kafir?
  2. Sejak kapan manusia diperintah Allah untuk menjalankan puasa? (Kira-kira tahun berapa?)

Atas jawaban Bapak saya ucapkan terima kasih.


Mujayin

Jl. Diponegoro 47 Parakan


Jawab:

Mas Mujayin, maaf, tentunya ayat yang Anda maksud adalah yang berbunyi:


Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu puasa sebagaiman telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS 2. Al-Baqarah: 183)


Dari ayat tersebut jelaslah bahwa kewajiban puasa bukan atas kita, umat Muhammad Saw.  saja, melainkan juga diwajibkan atas orang-orang atau umat sebelum kita. Umat sebelum kita, menurut sementara ahli tafsir, adalah orang-orang Yahudi dan ada sejak Nabi Adam a.s., meskipun tata cara dan waktunya tidak sama seperti puasa Ramadhan kita.


Sehubungan dengan ayat tersebut, saya tanggapi pertanyaan Anda sebagai berikut:

  1. Menurut apa yang tersurat dan tersirat dalam ayat tersebut, perintah puasa memang ditujukan kepada orang-orang yang beriman. Dan yang saya ketahui menurut kitab-kitab kuning, kewajiban puasa memang bagi orang yang sudah Islam. Artinya orang Islam atau yang pernah Islam (orang murtad, na'udzu billaah min dzaalik). Orang kafir tidak. meskpiun ada juga pendapat yang menyatakan bahwa orang kafir juga terkena perintah, cuma syarat wajib puasanya adalah Islam.
  2. Seperti sudah saya singgung di atas, kewajiban puasa bahkan --ada yang berpendapat-- sudah ada sejak Nabi Adam a.s. (kira-kira sekian ribu tahun yang lalu!). Anda ini ada-ada saja. Untuk apa sih kepingin tahu sejak kapan Allah memerintahkan manusia berpuasa?
Wallaahu A'lam bishshawaab.


0 comments:

Posting Komentar

.comment-content a {display: none;}